Ulasan Redmi Buds 3: Kualitas Suara Rata-Rata

TeknoTerkiniXiaomi merilis Redmi Buds 3 untuk melengkapi portofolio TWS yang beredar di Indonesia. Buat kamu yang tertarik untuk membelinya, simak dulu pengalaman kami saat menggunakan TWS ini di artikel reviewXiaomi Redmi Buds 3.

Sebagai informasi, ada tiga model TWS dari seri Redmi Buds 3 yang dijual di Indonesia. Mulai dari Redmi Buds 3 Lite, Redmi Buds 3 dan Redmi Buds 3 Pro. Namun kali ini kita akan lebih fokus pada Redmi Buds 3.

Beda seri, tentu beda fitur dan banderol harganya. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan pengalaman kami selama menggunakan Redmi Buds 3.

Baca juga: Daftar HpXiaomi 2022 Terbaru

Nah langsung saja kita simak reviewXiaomi Redmi Buds 3 di artikel berikut ini. Menikmati!

Redmi Buds 3 Desain

redmi buds 3 ulasan

Bicara soal desain, kami rasa tidak ada yang istimewa dari Redmi Buds 3. Desainnya dibalut dengan casing standar berbentuk kotak yang dibalut warna putih, senada dengan earbud yang terlihat sederhana.

Sementara earbud memiliki atmosfer yang sangat melekat pada Apple Air Pods. Entah kenapa, Xiaomi masih berorientasi pada desain ini, padahal seri Redmi Buds 3 Pro dan Buds 3 Lite punya desain yang bisa dibilang lebih “segar”.

Yang kami suka dari desain Redmi Buds 3 adalah earbudnya yang open ear. Sangat cocok untuk pengguna yang tidak menyukai in-ear earbud dengan desain yang meresap ke dalam telinga.

Baca Juga  Jadwal Peluncuran OnePlus 10 Pro Terungkap, Awal Januari!

TWS besutan Xiaomi ini hanya memiliki berat 4,5 gram. Bahannya terbuat dari polycarbonate alias plastik yang dilengkapi dengan finishing glossy. Mirip dengan Apple AirPods.

Ini juga bersertifikat IP54 yang membuatnya tahan terhadap percikan air atau keringat saat berolahraga. Namun perlu diingat bahwa bukan berarti TWS ini bisa “terendam” di dalam air.

Namun dari pengalaman kami menggunakannya saat review Redmi Buds 3, TWS ini agak kurang cocok untuk diajak berolahraga seperti jogging misalnya. Karena posisinya tidak begitu “terkunci” di telinga, sehingga risiko lepas dan jatuh sangat besar.

Baca Juga: Xiaomi Hadirkan Layanan Unit Pinjaman di Indonesia

Di sisi lain, TWS ini dirasa cukup cocok digunakan dalam aktivitas pasif, seperti mendengarkan musik, video call atau pertemuan online.

Sedikit kekurangan yang kami rasakan, Redmi Buds 3 agak kurang nyaman digunakan dalam waktu lama. Mungkin karena tidak ada bantalan karet di earbud.

Paling-paling, kami menggunakan earbud ini selama satu jam. Setelah itu akan terasa sedikit perih dan tidak nyaman, memaksa kita untuk melepasnya.

Soal pengisian daya, casing Redmi Buds 3 mendukung port USB Type C. Pasti sangat mudah saat melakukan prosesnya pengisian.

Fitur Redmi Buds 3

redmi buds 3 ulasan

Ulasan Redmi Buds 3 masuk ke bagian fitur. Untuk memberikan kualitas audio yang mumpuni, Xiaomi telah menyematkan driver dinamis 12mm. Konektivitas mengandalkan Bluetooth 5.2 untuk berintegrasi dengan smartphone.

Proses pairingnya juga sangat mudah, terutama bagi kamu yang menggunakan smartphone Xiaomi. Anda cukup menyalakan Bluetooth di smartphone Anda. Kemudian buka casing Redmi Buds 3, smartphone akan langsung mendeteksinya dan bersiap untuk pairing.

Baca Juga  Xiaomi 12 Pro Bongkar, Ini Isi Jeroannya

Untuk melakukan berbagai pengaturan, Anda dapat mengunduh aplikasi Mi Buds di Play Store. Dalam aplikasi, Anda dapat melakukan banyak hal. Mulai dari memantau sisa baterai, setting gesture, hingga pengecekan update software Redmi Buds 3.

Berbicara tentang gestur, meski aplikasi menyediakan beberapa pengaturan, nyatanya TWS ini tidak menyediakan kontrol gestur berbasis sentuhan.

Jadi tidak ada efek jika Anda mengetuk sekali atau menggesek earbud untuk mencoba mengubah lagu atau menaikkan volume.

Baca Juga: Harga Poco M3 Pro 5G Turun

Salah satu fitur yang menurut kami cukup berguna adalah, saat Anda mendengarkan lagu dan melepas earbud, lagu tersebut akan berhenti secara otomatis. Sebaliknya, saat dipakai lagi, lagu akan otomatis berlanjut.

Sayangnya Xiaomi tidak menyematkan teknologi Active Noise Cancelling. Sebagai gantinya, mereka menyematkan teknologi pembatalan gema dan peredam bising yang diklaim memastikan komunikasi lancar tanpa gangguan suara
sekitar.

Kualitas suara

redmi bud 3

Dengan fitur echo cancelling dan noise suppression, kami merasakan suara yang dipancarkan dari TWS ini saat digunakan untuk panggilan terdengar jernih dan jernih.

Bagaimana bila digunakan untuk mendengarkan lagu? Kualitas suaranya menurut kami tidak terlalu istimewa, tapi juga tidak buruk. Mungkin lebih cocok disebut standar atau biasa saja.

Saat memainkan lagu Bohemian Rhapsody dari band legendaris Queen, stereonya terdengar cukup bagus. Hanya saja semburan suaranya cenderung treble dan bassnya sedikit kurang.

Baca Juga  Black Shark 4S Pro hadir dengan Snapdragon 888 Plus, 4S mendapat versi Gundam

Pengalaman yang sama juga kami rasakan di beberapa lagu lainnya. Sayangnya di aplikasi juga tidak ada pengaturan equalizer.

Baca Juga: Perkembangan IoT Akan Meningkat Berkat Teknologi 5G

Beberapa dari kalian pasti juga penasaran dengan kemampuan TWS ini untuk digunakan bermain game. Sayangnya tidak ada mode game di TWS ini.

Saat kami mencoba memainkan gameMobile Legends, meskipun gameplaynya terasa lebih imersif, namun masih terasa delay sepersekian detik.

Kondisi ini tentunya akan sangat berpengaruh untuk beberapa game yang membutuhkan audio mumpuni, seperti game battle royale, first person shooter dan lain sebagainya.

Perlu juga digarisbawahi, koneksi audio nirkabel tidak disarankan untuk bermain game. Karena pasti akan ada penundaan. Oleh karena itu, headset nirkabel lebih disarankan untuk bermain game.

Kesimpulan

Sekarang kita sampai pada kesimpulan dari ulasan Redmi Buds 3. Redmi Buds 3 menurut kami cocok untuk dikategorikan sebagai TWS entry-level, karena fitur-fiturnya juga biasa saja.

Begitu juga dengan kualitas suaranya begitu-begitu. Sekali lagi kami tekankan, kualitas suaranya tidak jelek, tapi suara standar saja.

Kami rasa Redmi Buds 3 lebih cocok untuk Anda yang ingin merasakan pengalaman menggunakan TWS untuk pertama kali. Sebagai informasi, harga Redmi Buds 3 dibanderol Rp 449 ribu. (SDM)

Kelebihan

  • Desain sederhana
  • Earbud dalam bentuk telinga terbuka
  • Proses pemasangan yang mudah
  • Tahan Percikan dan Keringat IP54

Kekurangan

  • Tidak nyaman digunakan dalam waktu lama
  • Tidak ada equalizer
  • Tidak ada dukungan gerakan
  • Tidak ada fitur Peredam Kebisingan Aktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

counter code