Tiru TikTok, Instagram Coba Format Swipe Up di IG Story

TeknoTerkini, Jakarta – Membawa Gulungan, yang terlihat seperti TikTok saja tidak cukup. Instagram dikabarkan tengah menguji metode swipe up atau geser ke atas untuk melihat Instagram Stories (IG Stories).

Dilaporkan Telset dari 9to5mac pada Jumat (14/1/2022), uji coba ini pertama kali diumumkan oleh Social Media Consultant Matt Navarra di akun Twitter miliknya @MattNavarra pada Kamis (13/1/2022), kemarin.

Matt mengaku mendapat informasi dari pengguna di Turki dengan akun @yousufortaccom. Berdasarkan informasi yang didapat, Instagram sedang melakukan uji coba dengan mengubah format navigasi IG Story menjadi vertikal.

Baca juga: Cara Download IG Story Dengan atau Tanpa Aplikasi

Artinya, untuk melihat konten Story, pengguna harus menggesek layar ke atas atau ke bawah. Sama seperti pengguna TikTok yang mencari berbagai konten di aplikasi, atau pengguna Instagram Reels yang menemukan konten video favorit mereka.

Baca Juga  Cara Mengajukan Pengembalian Barang dan Dana di Shopee Saat Barang Tidak Sesuai

Tak ketinggalan, Matt juga memposting video yang membuktikan bahwa aplikasi milik Meta sedang menguji fitur swipe up di IG Story.

“Instagram sedang menguji feed Stories dengan format gesek vertikal di Turki,” cuit Matt.

Masih dari akun Twitter-nya, Matt juga menjelaskan bahwa sebenarnya Instagram telah mengaku sedang menguji fitur bernama vertical swipe stories pada Februari 2021.

Bentuk vertikal swipe stories mirip dengan yang ditemukan pada awal 2022 karena sama-sama menampilkan format navigasi vertikal di Stories. Jadi uji coba yang ditemukan Matt baru-baru ini merupakan kelanjutan dari pengembangan fitur Vertical Stories.

Baca Juga  Kalkun Cajun yang Sudah Dimasak Dari Aturan Sebenarnya Popeye (Dan Anda Bisa Membuatnya Lebih Baik)

“FYI: Instagram mengonfirmasi sedang mengerjakan prototipe awal untuk cerita gesek vertikal pada Februari 2021, tetapi itu tidak tersedia untuk umum pada waktu itu,” tambah Matt.

Instagram belum menanggapi temuan Matt. Namun fitur ini cukup menarik karena selama ini pengguna harus menggeser layar dari kanan ke kiri saat melihat IG Stories.

Durasi Video IG Story Diperpanjang Hingga 1 Menit

IG Story Geser Ke Atas TikTok

Sebelumnya pada Desember 2021, Instagram juga dikabarkan menguji fitur IG Story. Informasi uji coba ini diposting oleh Matt Navarra melalui akun Twitter-nya, dimana informasi tersebut juga didapatkan oleh seorang pengguna di Turki, yaitu @yousufortaccom.

Baca Juga  Apa yang baru di Hulu pada bulan Desember 2021

Foto tersebut merupakan pemberitahuan bahwa aplikasi sedang menguji untuk memperpanjang segmen video di IG Story, dari awal 15 detik menjadi 1 menit.

Baca juga: Instagram Perpanjang Durasi Video IG Story Menjadi 1 Menit

“Instagram sedang menguji segmen cerita yang lebih panjang hingga 60 detik. Ditemukan oleh @yousufortaccom di Turki,” tulis Matt.

Tidak hanya memperpanjang durasi IG Story. Kabarnya, Instagram juga sedang melakukan uji coba untuk mengubah antarmuka IG Story, untuk memudahkan pengguna menyebut nama akun dan lokasi lain di postingan. [NM]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

counter code