Samsung Galaxy A52: Ulasan Review, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Loading...
Loading...
Samsung Galaxy A52: Ulasan Review, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Samsung Galaxy A52 menjadi penerus Galaxy A Series yang rilis di Indonesia pada Maret lalu. Dibandingkan seri pendahulunya, Samsung memberikan pembaruan yang menurut Admin teknoterkini.com lebih menarik, baik dari sisi fitur dan desain.

Review

Simak artikel berikut ini tentang Ulasan dan review Samsung Galaxy A52.

Desain

Samsung Galaxy A52: Ulasan Review, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan
Gambar: gsmArena

Samsung Galaxy A Series mengalami pembaruan dari seri pendahulunya. Seri Galaxy A diperuntukkan untuk pemakai yang berjiwa muda. Desainnya mirip dengan Galaxy Note20 tetapi dengan beberapa sudut yang lebih ergonomis.

Samsung Galaxy A52: Ulasan Review, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Samsung Galaxy A52 juga kelihatan lebih kekinian dalam balutan warna Awesome Blue. Samsung juga memberikan varian warna lain yakni Awesome Violet, Awesome Black, dan Awesome White.

Smartphone ini memakai material polycarbonate dengan finishing matte yang membuat terasa Galaxy A52 nyaman saat digenggam dan tidak gampang kotor karena bekas sidik jari.

Layar

Samsung Galaxy A52: Ulasan Review, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan
Gambar: Techradar

Dengan ukuran layar 6,5 inch dan ketebalan sekitar 8,4mm, Galaxy A52 masih termasuk cocok untuk dipegang dengan 1 tangan. Beratnya pun tidak berlebihan, yaitu 189 gr saja. masih ideal dimasukan ke saku celana.

Di bagian layar, teknologi yang dibawa masih setia dengan panel Super AMOLED besutan Samsung sendiri yang telah populer dengan kualitas warna dan kecerahannya.

Sebagai kelebihan tambahan, Galaxy A52 membawa kemampuan refresh rate sebesar 90 Hz. Ini termasuk spesial, mengingat pendahulunya belum pernah ada yang mempunyai kemampuan seperti ini.

Meski smartphone sekelasnya ada yang memiliki refresh rate sampai 120Hz, tetap saja fitur ini akan lebih memanjakan mata saat memakainya untuk multimedia.

Kamera

Samsung Galaxy A52: Ulasan Review, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Galaxy A52 memakai 4 kamera belakang yang terbagi dalam kamera utama 64MP dengan OIS, kamera Ultra Wide 12MP, kamera Macro 5MP, dan kamera Depth 5MP. Kamera depannya sendiri memakai lensa 32MP.

Beberapa tahun ke belakang, fitur phase detection autofocus (PDAF) hanya tersedia pada smartphone kelas atas. Tetapi, sekarang teknologi kamera ini sudah umum ditemui pada perangkat kelas menengah yang lebih terjangkau.

Lebih canggih lagi dari PDAF, teknologi optical image stabilization (OIS) adalah fitur yang sebelumnya hanya ada pada seri premium. Sekarang, lebih banyak orang yang dapat menikmatinya karena Galaxy A52 mempunyai fitur canggih ini.

Dengan dipadukan kamera utama 64 MP yang mempunyai bukaan f/1.8, PDAF dan OIS membuat aktivitas photography Anda cukup handal dengan A52.

Performa

Samsung Galaxy A52: Ulasan Review, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Salah satu yang tidak biasa dilakukan Samsung pada seri A5. Yang biasanya memakai chipset Exynos buatan sendiri, kini Samsung Galaxy A52 diberi dapur pacu Snapdragon 720G buatan Qualcomm.

Prosesor dengan teknologi fabrikasi 8nm ini sudah disiapkan Qualcomm untuk mendukung perangkat yang berperforma tinggi.

Berkat arsitektur Kryo 465 dan clockspeed salah satu dari delapan inti yang sampai 2,3 GHz, pemakaian smartphone untuk bermain game atau buka beberapa aplikasi akan berjalan dengan lancar.

Galaxy A52 memberikan performa yang cukup tangguh dikelasnya, tidak heran karena smartphone ini memakai chipset Snapdragon 720G dan RAM 8GB yang sekarang ini sudah terbukti dibanyak smartphone kelas menengah.

Kemampuan penyimpanan internal yang disediakan oleh Galaxy A52 termasuk lega yakni 128GB atau 256GB tergantung varian yang dipakai.

Performa Galaxy A52 saat dipakai untuk aktivitas sehari-hari sudah baik. Beberapa games terkenal seperti Mobile Legends, AOV, PUBG Mobile, dan Call of Duty Mobile bisa dimainkan secara lancar di smartphone Galaxy A52 dengan setelan grafis tinggi.

Untuk sistem operasinya Samsung Galaxy A52 sudah memakai Android 11 dengan One UI 3.1. One UI versi terbaru ini memberikan antar-muka yang nyaman dipakai setiap hari dan beberapa fitur yang berguna.

Baterai

Samsung Galaxy A52: Ulasan Review, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Kemampuan baterai jadi bagian yang tidak lepas dari perhatian Samsung untuk diberi peningkatan. Galaxy A52 mempunyai baterai memiliki 4.500 mAh atau naik sebesar 500 mAh dibandingkan Samsung Galaxy A51.

Teknologi pengisian daya cepat atau fast charging juga ditingkatkan, dari yang tadinya hanya 15 Watt sekarang menjadi 25W yang memungkinkannya battery berisi 50% dalam setengah jam saja.

Spesifikasi

Berikut spesifikasi Samsung Galaxy A52.

  • Layar: Super AMOLED 6,5 inch (1.080 x 2.400 pixel) Infinity-O display, refresh rate 90Hz, faktor rasio 20:9, Corning Gorilla Glass 5
  • Dimensi: 159,9 x 75,1 x 8,4 mm, Berat 189 gr
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 720G (8 nm)GPUAdreno 618CPUOcta-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold dan 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • Sistem Operasi: Android 11, One UI 3.1
  • Memori: (8 GB/128 GB), (8GB/256 GB) micro SD
  • SIM: Dual-SIM hybrid
  • Kamera belakang: Kamera Belakang64 MP wide (f/1.8, 26mm) PDAF, OIS. 12 MP ultrawide (f/2.2, 123 derajat). 5 MP macro (f/2.4) 5 MP depth (f/2.4)
  • Kamera depan: 32 MP (f/2.2, 26mm)
  • Baterai: 4.500 mAh (Fast charging 25 Watt)
  • Fitur lainnya: IP 67, NFC, Bluetooth 5.0, Optical Fingerprint Under Display, Games Booster, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, USB Tipe-C, port jack audio 3,5 mm, Face Recognition, alat rekaman video 4K
  • Warna: Awesome Black, Awesome Violet, Awesome White, Awesome Blue

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan

Beberapa spesifikasi yang umum pada smartphone premium, sekarang terpasang pada seri Galaxy A5 terbaru. Mulai dari sisi ketahanan, teknologi layar, kamera sampai baterai yang ikut mendapatkan upgrade. Berikut kelebihannya.

  • Samsung Galaxy A52 Tahan terhadap air dan debu
  • Layar Super Amoled dengan refresh rate 90 Hz
  • Kamera tinggi dengan fitur OIS
  • Baterai yang besar yaitu 4500 mah dengan fitur Fast charging 25 watt.
  • Chipset Qualcomm snapdragon 720G
  • Adanya fitur NFC.
  • Desain mirip dengan seri Flagship.

Kekurangan

Meskipun mempunyai deretan kelebihan dan peningkatan yang signifikan dari pendahulunya. Berikut sedikit kekurangan Samsung Galaxy A52.

  • Harga lebih mahal
  • Masih berbahan plastik

Leave a Reply

%d bloggers like this: