MINI Melakukan Facelift Pada Countryman Dengan Sentuhan Hitam.

Hitam tidak lagi berarti negatif, tapi di MINI berarti sesuatu yang keren. Di tahun 2021, MINI akan melakukan facelift ke garis Countryman dengan sedikit sentuhan aksen hitma dan membawanya ke Indonesia. Mobil yang melekat pada ikon Inggris ini resmi melantai di tanah batik pada Kamis (22/4).

“Countryman merupakan salah satu kendaraan terpenting bagi MINI Indonesia. Konsumen melihat mobil ini sebagai kendaraan favorit dan tulang punggung penjualan, untuk itu kami hadirkan pembenahannya,” ujar Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania, di peluncuran IIMS Hybrid. 2021

Sejumlah sentuhan baru dihadirkan mobil ini baik dari tampilan eksterior maupun interiornya. Tampilan eksterior Countryman mendapat perubahan dengan hadirnya sentuhan aksen black piano yang tampil di berbagai posisi seperti ring lampu utama, gril, bumper belakang atau bagian lain yang sebelumnya tampil dengan aksen chrome. Selain itu, desain ulang bumper juga tampak lebih sporty dari sebelumnya.

Aksen piano hitam pada facia Countryman

Sementara itu, bemper belakang mendapat revisi pada bemper tepatnya di bagian diffuser yang kini dibalut warna silver. Lampu belakang tampak didesain ulang dengan aksen Union Jack dan secara nyata, mika lampu dibentuk dengan menanamkan beberapa desain klasik MINI.

Penampilan model penyegar ini semakin kokoh dengan hadirnya pelek baru berukuran 19 inci.

Menengok ke bagian kabin, ada beberapa penyegaran di bagian dashboard. Desain klasik dengan cluster tengah membulat tetap menjadi ciri khasnya. Desain dasbor bercahaya yang dulunya opsional sekarang menjadi standar. Begitu pula dengan Digital Cockpit yang memberikan beragam informasi telah bermutasi menjadi standar pada mobil ini, ujar Ismail Ashlan, Corporate Communication Manager BMW Indonesia di kesempatan yang sama.

Layar navigasinya masih menggunakan ukuran yang sama, yakni 8,8 inci, namun sudah ada beberapa kali revisi. Misalnya untuk berpindah saluran tinggal swipe dan gerakannya lebih halus, tambahnya.

Dalam memperkuat lini yang menjadi tulang punggung di Indonesia, MINI menghadirkan tiga varian model Countryman, yakni Cooper, Cooper S, dan John Cooper Works. Varian Cooper menggunakan mesin 1.499 cc 3 silinder Twin Power Turbo yang mampu menyemburkan tenaga 136 hp dengan torsi puncak 220 Nm. Sementara itu, Cooper S dibekali mesin 1.998 cc Twin Power Turbo 4 silinder yang mampu meraup tenaga 192 hp dan torsi 280 Nm. Kedua mobil ini menggunakan transmisi otomatis 7 percepatan dengan Valvetronic yang menyesuaikan tenaga mesin ke roda depan.

Sementara itu, John Cooper Works Countryman tampil sebagai varian paling garang yang dijejali mesin 1.998 cc 4 silinder Twin Power Turbo. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 306 hp dan torsi 459 Nm yang dipadukan dengan transmisi Sport Steptronic 8 percepatan yang menyalurkan tenaga ke keempat rodanya alias All Wheel Drive.

Ramuan mesin ini mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 306 hp pada 4.750 rpm dan torsi puncak 450 Nm dari 1.350 rpm hingga 4.200 rpm. Outputnya disalurkan melalui transmisi 8-speed Sport Steptronic

BMW Indonesia menjual Countryman versi Cooper seharga Rp. 629 juta, Cooper S seharga Rp. 799 juta, dan Rp. 1,25 miliar untuk JCW Countryman.

Cooper dan Cooper S masuk ke Indonesia dalam bentuk CKD dan dirakit di fasilitas BMW di Sunter. Sedangkan JCW masuk secara utuh dengan mengantongi status CBU.

Tersedia dua warna baru yaitu Sage Green dan White Silver untuk semua model. Warna baru ini melengkapi pilihan warna yang sudah ada yaitu British Racing Green, Chili Red, Melting Silver dan Island Blue. Khusus untuk JCW, terdapat warna khusus Rebel Green yang juga sudah ada sejak model sebelumnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

counter code