Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Loading...
Loading...

Bisnis Kamu ingin tampil di Google Maps?

Berikut Cara menambahkan lokasi Bisnis di Google Maps agar bisnis Kamu bisa tampil di Google Maps.

Menambahkan lokasi bisnis di Google Maps memang perlu dilakukan agar lokasi Bisnis/Usaha Kamu mudah dicari oleh Pelanggan,Pengguna atau Konsumen. Google Maps memudahkan pengguna untuk menemukan apa saja di internet, dari Kantor, Rumah, Toko, Hotel, Restoran hingga lokasi Bisnis/tempat Usaha.

Cara menambahkan lokasi Bisnis di Google Maps.

Ada 3 cara untuk menambahkan lokasi tempat usaha Kamu di Google Maps.

  1. Menambahkan lokasi bisnis lewat Website/Aplikasi Google Bisnisku.
  2. Menambahkan langsung dari Google Maps.
  3. Menambahkan dengan cara klaim lokasi di Google Maps.

Namun disini kami akan memberikan panduan dengan menggunakan cara yang ke 1 untuk menambahkan lokasi bisnis di Google Maps. Yaitu dengan cara menambahkan lokasi bisnis lewat Website/Aplikasi Google Bisnisku.

Untuk menambahkan lokasi bisnis lewat Website, kamu harus masuk atau login di Website Google Bisnisku. Kamu bisa masuk lewat link di bawah ini.

Website Google Bisnisku : https://www.google.com/intl/id_id/business/

Sedangkan menambahkan lokasi bisnis lewat Aplikasi kamu harus instal Aplikasi Google Bisnisku terlebih dahulu dari Google Play Store. Di bawah ini linknya.


Aplikasi Google Bisnisku : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.vega

Setelah masuk ke Web/Aplikasi Google Bisnisku ikuti langkah langkah berikutnya dan Isi Formulir pembuatan seperti nama, lokasi dll.

Pada halaman pertama Website Google Bisnisku klik tombol “Kelola sekarang” seperti pada gambar di bawah ini.

20210216 121234 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Di halaman selanjutnya pilih lokasi kamu yang mau dikelola (jika sudah punya) jika belum punya lokasi klik tombol (+) lalu klik “Tambahan Lokasi) untuk menambahkan lokasi Bisnis kamu. Kemudian klik lagi “Tambahkan bisnis Anda ke Google” tampilan kamu akan seperti pada gambar dibawah ini.

20210216 163520 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Isi kolom Nama bisnis sesuai nama bisnis kamu. Sebagai contoh kami menambahkan Blog ini di Google Maps. Setelah kamu mengisi kolom “Nama bisnis” klik tombol “Berikutnya”. Tampilan kamu akan seperti pada gambar dibawah ini.

20210216 164443 1 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Isi kolom Kategori bisnis sesuai bisnis kamu. Jika sudah di isi Kemudan klik “Berikutnya” seperti pada gambar di atas dan tampilan kamu akan seperti pada gambar dibawah ini.

20210216 165531 1 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Centang pilihan “ya” lalu klik “Berikutnya” seperti gambar diatas. Setelah kamu mengklik “Berikutnya” tampilan akan seperti pada gambar di bawah ini.

20210216 173744 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Isi semua kolom kolom tersebut sesuai alamat kamu. Kemudian klik “Berikutnya”. Jika kamu sudah pernah membuat Lokasi bisnis, daftar lokasi bisnis kamu akan muncul dan centang “Tidak satu pun”. Lalu klik “Berikutnya”. Tampilan akan seperti pada gambar dibawah ini.

20210216 180418 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Tambahkan tempat lokasi bisnis Kamu di Google Maps. Arahkan titik koordinatnya ketempat lokasi Bisnis kamu. kemudian klik “Berikutnya” tampilan akan seperti gambar dibawah ini.

20210216 182049 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Tambahkan area layanan Bisnis kamu. Isi kolom tersebut sesuai area layanan Bisnis kamu. Kemudian klik “Berikutnya” tampilan akan seperti pada gambar dibawah ini.

20210216 182107 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Isi kolom no Telepon dan nama Situs kamu (jika belum ada bisa dikosongkan). Kemudian klik “Berikutnya” tampilan seperti gambar dibawah.

20210216 182310 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Klik “Selesai”. Lokasi Kamu sudah jadi. Namun belum di Verifikasi. Jika ingin di Verifikasi pilih cara verifikasi dengan metode Kantor Pos melalui surat. Isi kolom nama Anda lalu klik “Kirim” tunggu sampai petugas kantor Pos datang mengirim kode Verifikasi.

Akhir Kata

Itulah artikel cara menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps. Semoga membantu kalian yang ingin menambahkan lokasi Bisnisnya. Perlu diketahui agar kamu bisa sepenuhnya mengelola bisnis kamu, kamu perlu memverifikasinya. Jika kode verifikasi dari kantor pos tak kunjung datang, kamu ajukan ulang. Biasanya ada pilihan cara verifikasi dengan metode lain selain Kantor Pos.

Leave a Reply

%d bloggers like this: