Cara melihat dan memantau penggunaan ruang disk dari baris perintah Linux – CloudSavvy IT

Shell bash

Meskipun biasanya terlihat jelas jika sistem Anda kehabisan memori atau menggunakan terlalu banyak waktu CPU, penggunaan disk adalah metrik utama lainnya yang dapat merayapi Anda seiring waktu jika Anda meninggalkan server tanpa pengawasan. Anda perlu memeriksa penggunaan disk secara teratur menggunakan perintah ini.

Periksa penggunaan disk di Linux

Utilitas yang digunakan untuk memeriksa penggunaan disk dengan cepat di hampir semua sistem Linux adalah df, yang merupakan singkatan dari “sistem file disk”. Ini hanya mencetak daftar semua sistem file di sistem Anda.

df -hT

Perintah ini dipanggil di sini dengan dua tag, -h untuk “dapat dibaca manusia”, yang mencetak angka byte dalam KB, MB, GB, -T, yang menampilkan jenis sistem file.

df Ini akan mencetak setiap sistem file bersama dengan ukuran, jumlah yang digunakan dan tersedia, dan di mana ia diinstal pada sistem Anda.

Anda akan segera menyadari bahwa Anda mungkin memiliki lebih banyak “sistem file” daripada yang Anda harapkan. Server ini hanya memiliki satu hard drive, tetapi memiliki lebih dari 20 sistem file. Sebagian besar dari hal-hal ini adalah objek latar belakang yang digunakan oleh program dan layanan lain, seperti file terkompresi squashfs, Maya tmpfs dan buruh pelabuhan overlay Sistem yang digunakan untuk kontainer.

Baca Juga  [Guide] Cara menggunakan FaceTime di Android - Alat untuk digunakan | TeknoTerkini

Dalam contoh ini, ext4 Ini adalah drive nyata, yang jelas karena diinstal di root, tetapi pada beberapa sistem drive mungkin tidak langsung terlihat. Jika mau, Anda dapat memfilter daftar ini dengan memilih jenis yang ingin Anda lihat dalam huruf kecil -t Sains:

df -hT -t ext4

Atau dengan menghapus secara manual apa yang tidak ingin Anda lihat dengan file -x Sains:

df -hT -x squashfs -x overlay -x tmpfs -x devtmpfs

Anda juga bisa bertanya df Untuk mendapatkan informasi tentang sistem file apa pun, termasuk wildcard untuk mencocokkan beberapa sistem berdasarkan nama:

df -h /dev/md*

Atau Anda dapat menanyakan informasi tentang operator tertentu, yang sangat berguna untuk mendapatkan informasi tentang sistem root Anda dengan cepat:

df -h /

Pemantauan sekilas

Namun, sebagian besar waktu, Anda mungkin tidak ingin mengingat dan mengetikkan banyak perintah dengan tanda tertentu. itulah yang glances Alat ini dibuat untuk itu, dan kami sangat menyarankan untuk mencobanya.

Ini pada dasarnya adalah alternatif untuk utilitas bawaan seperti top Dan htopNamun, itu menampilkan banyak metrik kinerja yang berbeda di sekitar sistem Anda, disk. Ini tidak disertakan di sebagian besar distribusi Linux secara default, tetapi open source dan dapat diinstal melaluinya pip, karena ini adalah aplikasi Python.

sudo pip install glances

Kemudian cukup luncurkan aplikasi untuk membuka file glances dasbor:

glances

Di sudut kiri bawah Anda akan menemukan beberapa informasi tentang penggunaan disk, termasuk kecepatan I/O saat ini, serta penggunaan total setiap disk fisik. Dengan ini, Anda dapat dengan mudah mendeteksi masalah dengan disk penuh sebelum mereka merusak sistem Anda.

Ada banyak utilitas lain untuk memantau sistem Anda, tetapi glances Centang semua kotak, jadi ini adalah alat yang cukup keren.

Kirim peringatan saat penggunaan disk Anda terlalu tinggi

Masalah utama dengan alat baris perintah adalah bahwa mereka mengharuskan Anda untuk proaktif dalam memeriksa masalah. Tetapi masalah dapat muncul secara tidak terduga, jadi ada baiknya untuk memberi tahu mereka terlebih dahulu.

Jadi, solusinya adalah dengan menyiapkan koran harian cron Tugas yang harus dijalankan df Secara otomatis untuk memeriksa penggunaan pada sistem root. Ini akan dibandingkan dengan nilai tertentu, dan jika lebih besar, pesan akan dikirim.

#!/bin/bash
 CURRENT=$(df / | grep / | awk '{ print $5}' | sed 's/%//g')
 THRESHOLD=90
 
 if [ "$CURRENT" -gt "$THRESHOLD" ] ; then
 curl -X POST -H 'Content-type: application/json' --data "{"text":"Your server `$(hostname)` is currently at ${CURRENT}% disk capacity."}"
 fi

Anda memiliki banyak pilihan tentang cara menerima pesan, dan itu akan tergantung pada kontak pilihan Anda. Yang paling sederhana adalah menyiapkan file mail Alat untuk mengirim email dari baris perintah. Anda dapat membaca artikel kami tentang menyiapkan Postfix untuk menangani ini untuk Anda.

Cara yang lebih keren lagi adalah mengirim pesan ke diri Anda sendiri secara langsung di platform perpesanan tempat Anda aktif, seperti mengatur pemberitahuan Slack dari server Anda, yang dapat dengan mudah dilakukan menggunakan webhook dengan curl POST permintaan.

Anda dapat membaca artikel kami tentang menyiapkan webhook Slack untuk peringatan ruang disk untuk mempelajari lebih lanjut.

Terkait:Cara mengatur pemberitahuan Slack untuk ruang disk rendah di server Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

counter code