Akulaku Konfirmasi Data Pengguna Aman dan Tidak Bocor di Forum Hacker

TeknoTerkini, Jakarta – Akulaku membantah isu 12 juta data pengguna bocor dan dijual di forum hacker. Dijelaskan Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia, Efrinal Sinaga, data pengguna masih aman dan terjaga dengan baik hingga saat ini.

“Melalui kesempatan ini, kami dapat memastikan tidak ada kebocoran data pengguna Akulaku,” ujarnya.

Melalui keterangan resmi yang diterima, Sabtu (15/1/2022), Efrinal juga menjelaskan bahwa data pengguna masih tersimpan dengan aman karena perusahaan memiliki sistem keamanan berlapis.

Baca juga: 163 Ribu Pelamar Kerja Pertamina Dibocorkan

“Data pengguna Akulaku dilindungi dengan sistem keamanan berlapis untuk mencegah risiko berbagai upaya peretasan,” kata Efrinal.

“Sesuai dengan kebijakan privasi yang kami terapkan, Akulaku terus berkomitmen untuk melindungi privasi dan data pribadi untuk memberikan layanan terbaik bagi pengguna,” tambahnya.

12 Juta Data Pengguna Akulaku Diduga Bocor

Kebocoran Data Pengguna Akulaku

Sebelumnya, diduga 12 juta data pengguna aplikasi Akulaku telah bocor dan dijual di sebuah situs forum hacker. Informasi ini pertama kali disebarluaskan oleh akun Facebook dengan nama E-commerce Shitposting V 2.0 pada Kamis (13/1/2022).

Dari screenshot yang dibagikan, 12 juta data pengguna ini bocor pada 7 Januari lalu.

Baca juga: Diduga 12 Juta Kebocoran Data Pengguna Akulaku

“Kali ini, Mimin mendapat kabar adanya kebocoran dari salah satu perusahaan pembiayaan di Indonesia. Pelanggaran data diklaim pada 7 Januari 2022, sekitar 12 juta data pengguna,” kata admin Shitposting E-Commerce.

Tidak diketahui siapa yang membobol dan menjual jutaan data pengguna, karena nama akun penjual dirahasiakan dalam tangkapan layar ini.

“Jual Data Indonesia (Perusahaan Keuangan) 12 Juta Data Pelanggan,” tulis akun tersebut.

Baca juga: Kasus Kebocoran Data 1,3 Juta Pengguna eHAC

Yang jelas data yang dibocorkan dan dijual itu terdiri dari nama, nomor telepon, dan alamat lengkap. Untuk meyakinkan pembeli data, sampel data yang dia jual juga ditampilkan di forum.

Akun E-commerce Shitposting V 2.0 mengklaim bahwa informasi yang dibagikannya adalah klaim sepihak dari penjual. (NM/MF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

counter code